| Tradisional | Transisi | Inovasi |
Struktur pendidikan | Terpusat | berstruktur | System interaktif |
Organisasi media | Broadcasting | Diversivikasi | System interaktif |
Metode pendidikan | Guru dan silabus | kurikulum | Kurikulum yang dinamis |
Teknologi media | Broadcasting | Teknik rekaman | Teknologi baru |
Fungsi media | Pengayaan atau pengajaran langsung | kurikulum | Sistim intruksional |
Evaluasi Media | laporan | tes | Evaluasi dan penelitian |
Judul buku : Planing for Educational Mass Media
Pengarang : Alan Hancock
Halaman : 35 halaman
Penerbit : Long Man
Tahun Terbit : 1976
PENERAPAN MEDIA DALAM BIDANG PENDIDIKAN
Alan hancocok dalam bukunya ini, menjelaskan tentang kegunaan media untuk pembelajaran. Dan ia juga menjelaskan tentang perubahan- perubahan media dari masa- kemasa seiring berjalannya waktu.
Seperti yang tertera di bawah ini..
Skala waktu dan dasar teoritis. perbedaan kebenaran telah diadakan untuk memperjelas diri sendiri di dalam media bidang pendidikan pada berbagai waktu dan yang penting bagi pengetahuan zaman. Yang kita sedang bicarakan. secara keseluruhan adalah kita kini di dalam tahap yang transisi sedikitnya di mana praktek umum terpusat. tetapi banyak dari proses dari media tidak bisa dipahami tanpa memandang lalu yang membentuk mereka dan dalam beberapa bidang-bidang yang wujud inovasi yang berbuat lebih banyak dibanding di pihak lain. dengan suatu kerangka ini kita dapat sedikitnya lihat di mana kita ditempatkan.
Berdasarkan data diatas, kita mengetahui perubahan media ditujukan untuk meningkatkan kualitas pelajar. Perubahan tersebut diharapkan agar proses transfer ilmu dari guru menjadi lancar.
Tema dari perubahan
Acuan/matriks tersebut adalah kebanyakan terkait dengan perubahan. Yaitu memetakan perubahan dari tradisional sampai wujud-wujud transisi yang tercermin pada perubahan media ajar.. tantangan dari perubahan tersebut adalah, kita harus mencari solusi media apa yang bisa meningkatkan suatu pendidikan, agar tercipta masa depan yang lebih tepat .
Teknologi Pembelajaran
Urutan tersbut, dapat dengan mudah ditransfer ke situasi media yang dapat membantu jalannya pendidikan bahan-bahan bidang pendidikan. sungguh, teknologi dalam pendidikan sudah diciptakan terutama untuk mempermudah kita dalam proses pembelajaran pendidikan. Misalnya computer, OHP dan lain- lain, yag dapat membantu pendidikan.
Berkembangnya teknologi juga berimbas pada pendidikan. Proses penyampaian pendidikan menjadi semakin mudah dengan adanya e-learning. Hal tersebut merupakan imbas dari perkembangan teknologi internet.
Pemilihan Media
Pemilihan media di dasarkan pada tujuan objek media itu sendiri. Misalnya dalam proses pembeajaran bahasa, kita bisa memilih media yang mendukung pembelajaran tersebut. Dengan mengunakan radio misalnya. Juga pembelajaran di kelas, kita bisa menggunakan OHP, dan membuat persentasi agar proses pembelajaran atau transfer ilmu menjadi lancar dan dapat diterima oleh siswa.
Metode Pendidikan
Dalam media pembelajaran, kita juga harus mengetahui metode apa yang pas untuk penyampaian pembelajaran. Untuk itu, kita perlumengetahui kurikulum yang pas untuk bahan ajar.
Dewasa ini, kurikulum bersifat dinamis. Artinya berubah ubah tergantung objek pendidikan itu sendiri ( dalam hal ini siswa ). Misalnya kurikulum berbasis kompetensi yag dapat membuat siswa mandiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar