Selasa, 13 Januari 2009

Penerapan Komunikasi untuk pembelajaran TIK

Lukman Bustomy

Teknolgi Pendidikan

TIK

0809242

Kata Pengantar

Dengan mengucapkan syukur alhamdulillah kehadirat Allah SWT, shalawat serta salam kita panjatkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, akhirnya dengan ridha Lillahi Ta’ala penulis dapat menyelesaikan makalah tentang Penerapan Komunikasi Dalam Pembelajaran TIK.

Penulisan makalah ini salah satunya bertujuan untuk memenuhi salah satu tugas dari mata kuliah Komunikasi Pendidikan.

Penulis juga mengucapkan banyak terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu pada penulisan makalah ini. Sehingga makalah ini dapat terselesaikan meskipun hasilnya masih jauh dari maksimal. Oleh karena itu saran dan kritik sangat penulis harapkan demi perbaikan makalah.

Bandung,13 Januari 2009

Penulis

BAB I

Pendahuluan

Komunikasi memiliki multi makna, baik dilihat secara terbatas maupun secara luas. Munculnya berbagai macam definisi disebabkan adanya perbedaan dalam sudut pandang, maksud, dan tujuannya. Makalah ini dimaksudkan untuk mengkahi sebserapa penting peran Media dalam pembelajaran.

1.1 Maksud dan tujuan

  • Mengetahui fungsi komunikasi dalam pembelajaran TIK.

BAB II

PEMBAHASAN

Dalam dunia pendidikan proses penyampaian pesan banyak dilakukan, bahkan mendominasi sistem pendidikan dan proses pembelajarannya. Proses pembelajaran sendiri sangatlah membutuhkan ilmu komunikasi dalam proses penyampaiannya agar peserta didik dapat menyerapnya dengan baik bahkan dapat mengembangkannya terhadap meteri yang telah diberikan oleh pengajar / guru. Jadi dalam peranannya, ilmu komunikasi meliputi semua aspek pembelajaran.

Dahulu komunikasi dalam pembelajaran hanya mengacu pada komunikasi langsung atau tatap muka ( face to face ). Namun dengan seiring perkembangan teknologi, komunikasi dalam pendidikan atau pembelajaran semakin pesat. Contohnya dengan munculnya internet.

Internet berkembang pesat di penghujung abad 20 dan di ambang abad 21. Kehadirannya telah memberikan dampak yang cukup besar terhadap kehidupan umat manusia dalam berbagai aspek dan dimensi. Internet merupakan salah satu instrumen dalam era globalisasi yang telah menjadikan dunia ini menjadi transparan dan terhubungkan dengan sangat mudah dan cepat tanpa mengenal batas-batas kewilayahan atau kebangsaan. Melalui internet setiap orang dapat mengakses ke dunia global untuk memperoleh informasi dalam berbagai bidang dan pada gilirannya akan memberikan pengaruh dalam keseluruhan perilakunya.

Dalam kurun waktu yang amat cepat beberapa dasawarsa terakhir telah terjadi revolusi internet di berbagai negara serta penggunaannya dalam berbagai bidang kehidupan. Keberadaan internet pada masa kini sudah merupakan satu kebutuhan pokok manusia modern dalam menghadapi berbagai tantangan perkembangan global. Kondisi ini sudah tentu akan memberikan dampak terhadap corak dan pola-pola kehidupan umat manusia secara keseluruhan. Dalam kaitan ini, setiap orang atau bangsa yang ingin lestari dalam menghadapi tantangan global, perlu meningkatkan kualitas dirinya untuk beradaptasi dengan tuntutan yang berkembang. TIK telah mengubah wajah pembelajaran yang berbeda dengan proses pembelajaran tradisional yang ditandai dengan interaksi tatap muka antara guru dengan siswa baik di kelas maupun di luar kelas.

Perkembangan TIK ini juga mengawali adanya Sistem Pembelajaran Jarak Jauh. Dengan cara ini, peserta didik tidak perlu bertemu langsung dengan pengajar, sehingga dapat memudahkan untuk pemberian materi. Komunikasi yang baik adalah komunikasi yang dapat diterima dan dipehami oleh si penerima. Hal tersebut sangat berpengaruh dalam keberhasilan suatu pembelajaran.

Seringkali kita mendengar bahwa “Sekolah yang ngetren” dewasa ini adalah sekolah yang telah memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di dalam kegiatan pembelajaran. Itulah sebabnya berbagai pimpinan sekolah terutama di kota-kota besar berupaya untuk melengkapi sekolahnya dengan fasilitas TIK. Pemahaman yang demikian ini juga menghinggapi para guru sehingga “guru yang dianggap ngetren” dewasa ini adalah guru yang memanfaatkan TIK dalam membelajarkan para peserta didiknya.

BAB III

KESIMPULAN

Penerapan komunikasi dalam pembelajaran sangat penting. Karena, jika cara komuniaksi yang kita lakukan pada peserta didik benar. Maka penyampaian informasi dapat berjalan baik, dan pemehaman siswa terhadap materi yang kita ajarkan akan lebih besar.

Daftar Pustaka

Google.co.id

Wikipedia.com, Arti komunikasi

Tidak ada komentar: