Selasa, 06 Januari 2009

Proposal TIK

PROPOSAL PENELITIAN

Studi Deskriptif Penerapan TIK di SMA Negeri 1 Majalengka

Lukman Bustomy

0809242




BAB I

PENDAHULUAN

Dewasa ini, penggunaan teknologi sudah berkembang pesat. Komputer atau alat- alat canggih, telah ada dimana-mana. Hal itu tidak terlepas manusia sebegai pengguna teknologi. Tapi manusia tidak hanya menggunakan teknologi tersebut, tapi juga berfikir untuk meningkatkan teknologi itu, agar lebih maju dan lebih baik. Kemajuan dan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang sangat canggih tersebut banyak membawa perubahan pada pola dan corak kehidupan manusia.

Proposal ini ditujukan untuk mengetahui seberapa penting peran TIK dalm pembelajaran.

BAB II

KAJIAN TEORI

Landasan Teori

Landasan teori adalah bagian penting dalam suatu penelitian, adapun guna dari landasan teori adalah agar penelitian dapat tepat sasaran dan efektif. Adapun beberapa landasan teori disini :

a. Sekolah. Sekolah adalah tempat berkumpulnya seseorang yang ingin mendapatkan ilmu (siswa) dengan fasilitas lainnya dalam rangka membantu proses mendapatkan ilmu atau belajar.

b. Kepala Sekolah. Kepala sekolah atau Headmaster adalah seseorang yang memegang pimpinan paling tinggi dalam sekolah. Biasanya berfungsi sebagai pengatur, pengawas, maupun pengambil kebijakan dengan tujuan efektifnya kegiatan belajar mengajar yang terjadi di sekolah.

c. Guru. Guru adalah bagian dari fasilitas belajar seseorang yang ingin mendapatkan ilmu. Guru berfungsi sebagai pengajar atau media belajar dari siswa tersebut.

d. Siswa. Siswa adalah seseorang yang ingin mendapat ilmu guna digunakan atau dikembangkan dalam kehidupannya guna mencapai cita – cita hidup atau tujuan dari siswa tersebut.

BAB III

PEMBAHASAN


3.1 Latar Belakang Masalah


Belakangan ini, seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi di era globalisasi yang tengah ramai dibicarakan di masyarakat kita serta mengenai era perdagangan bebas yang akan dimulai sebentar lagi, pemerintah mencanangkan kegiatan – kegiatan pembaruan yang kelak akan berguna guna menghadapi era globalisasi dan perdagangan bebas.

Mewujudkan pemuda – pemudi yang dapat menghadapi era globalisasi dan perdagangan bebas, serta dapat menjadi wakil Indonesia dalam mengembangkan segala potensi Negara kita nantinya yang tetap berdasar pada dasar Negara kita yakni PANCASILA tentu menjadi cita –cita pemerintah yang harus segera diwujudkan dengan strategi yang efektif

Pendidikan adalah sektor yang merupakan bagian penting dari usaha pemerintah guna mewujudkan cita citanya. pemerintah berusaha untuk meningkakan pendidikan terutama. dalam bidang teknologi dan komunikasi.Berdasarkan pengamatan atas usaha dari pemerintah tersebut, penulis ingin mengetahui apakah Teknologi Informasi dan Komunikasi tersebut sudah diterapkan secara baik dan menyeluruh khususnya di SMA Negeri 1 Majalengka.




3.2. Pembatasan dan perumusan masalah

Pembatasan masalah dilakukan agar permasalahan tetap berada pada lingkup yang sesuai serta selalu terarah, diperlukan beberapa pertanyaan yang membatasi masalah ini, sehingga dapat dicapai solusi yang tepat pada pokok permasalahan.

Adapun pertanyaan – pertanyaan yang peneliti ajukan adalah sebagai berikut :
a. Apakah TIK sudah diterapkan dengan baik di SMA Negeri 1 Majalengka ini ?
b. Bagaimana pendapat semua perangkat sekolah baik tentang sistem TIK ini ?

3.3. Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan peneliti melakukan penelitian ini adalah :

1.Untuk mengetahui bagaimana pembelajaran TIK di SMA Negeri 1
2.Untuk mengetahui tanggapan para perangkat sekolah tentang penggunaan TIK di SMA Negeri 1 Majalengka..


Manfaat dari penelitian ini adalah :

Menambah pengetahuan khusnya bagi penulis dalam hal penelitian.
Sebagai bahan rujukan tentang penggunaan TIK, agar siswa Indonesia dapat bersaing dengan siswa dari Negara lain
Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh kepala sekolah,guru dan bagian-bagian yang terkait…… untuk membuat kebijakan dalam penerapan TIK.




3.5. Metodologi Penelitian

Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif.

Metode deskriptif adalah metode penelitian yang meneliti status sekelompok manusia, suatu objek, suatu kondisi, suatu pemikiran ataupun suatu peristiwa masa sekarang. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah penulis dapat mengetahui gambaran secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta gejala yang sudah diselidiki.

Adapun langkah – langkah penelitiannya sebagai berikut :

1. Menyusun proposal penelitian

Penyusunan proposal dilakukan sebagailangkah awal dalam melakukan penelitian. Penyusunan ini terdiri dari menentukan topik yang dipilih. Setelah itu peneliti merumuskan masalah.


2. Mengumpulkan data.

Untuk mengumpulkan data, penulis menetukan dengan cara Kuesioner dan Wawancara.
Wawancara adalah proses memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara Tanya jawab sambil bertatap muka antara si peneliti dengan objek penelitian.
Kuesioner adalah proses memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara menyebarkan selebaran yang diisi oleh objek penelitian.

3.Pengolahan Data.

Setelah data – data terkumpul, penulis akan mengolah data tersebut dengan teknik tabulasi.

4.Penyusunan Laporan.

Setelah tahap – tahap sebagaimana diuraikan diatas, maka langkah selanjutnya adalah menyusun laporan agar tujuan dan manfaat dapat dikomunikasikan.


BAB III

SIMPULAN

Berdasarka hasil penelitian yang dilakukan. Penerapan TIK di SMA 1 Majalengka sudah baik. Hal itu ditunjukan dengan adanya fasilitas- fasilitas yang menunjang, seperti sudah adanya internet dan lab komputer. Para siswa juga dapat memaksimalkan fasilitas tersebut denga baik karena, berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa siswa, semua siswa dapat menjawab pertanyaan tentang TIK denagn sempurna.

Tidak ada komentar: